Kandungan Gizi Jamur Tiram yang mengagumkan

Sudah diketahui banyak orang tentang betapa sehatnya jamur tiram,  jamur tiram mempunyai kandungan gizi cukup baik. Komposisi kimia yang terkandung tergantung jenis dan tempat tumbuhnya. Dari hasil penelitian,
rata-rata jamur tiram mengandung 19-35% protein.
Dibanding beras (7,38 persen)
dan gandum (13,2 persen),

Jamur Tiram berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur, sekitar ada sembilan jenis dari 20 asam amino yang dikenal. Mengandung  lemaknya tak  jenuh (baik untuk anti kolesterol), jamur juga mengandung berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflavine), niasin dan biotin. Selain elemen mikro, jamur juga mengandung berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg, dan Cu.

Kandungan serat mulai 7,4-24,6% sangat baik bagi pencernaan. Jamur Tiram mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah sehingga cocok bagi pelaku diet.

Hasil studi di Massachusett University menyimpulkan bahwa riboflavin, asam Nicotinat, Pantothenat, dan biotin (Vitamin B) masih terpelihara dengan baik, meskipun jamur telah dimasak.

Hasil penelitian dari Beta Glucan Health Center menyebutkan bahwa jamur tiram (Pleurotus ostreatus) mengandung senyawa Pleuran (di Jepang, jamur tiram disebut Hiratake sebagai jamur obat), mengandung protein (19-30 persen), karbohidrat (50-60 persen), asam amino, vit B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (Niacin), B5 (asam panthotenat), B7 (biotin), Vit C dan mineral Calsium, Besi, Mg, Fosfor, K, P, S, Zn. Dapat juga sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, dan antioksidan.

 Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan, bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus dengan alasan: 100 persen sayuran dan bersih; mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral; rendah karbohidrat, lemak dan kalori; bagus untuk liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan; berserat tinggi membantu pencernaan; antiviral dan antikanker; mudah memasaknya dan mudah dicerna; dan jamur tiram merupakan jamur yang paling enak rasanya dibanding jamur pangan lainnya.


 Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, Jamur Tiram (Oyster mushroom) mempunyai kandungan:

Per 100 gram jamur tiram segar, mengandung :

45,65 mg kalori,

8,9 mg kalsium,

1,9 mg besi,

17,0 mg fosfor,

0,15 mg vitamin B-1,

0,75 mg vitamin B-2, dan

12,40 mg Vitamin C.


Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.
Maka, kandungan gizi jamur tiram sangat komplet sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur merupakan bahan pangan masa depan.


Terima kasih untuk Like/comment FB :